Tugu Lampung

BEAUTIFUL MONUMENT LAMPUNG PROVINCE

tempat di mana aku di lahirkan dan dibesarkan, untuk ini aku akan posting tentang data dan fakta provinsi lampung dan mudah-mudahan menjadi informasi yang bermanfaat.
lampung adalah sebuah provinsi paling selatan pulau sumatra,indonesia.
provinsi lampung dengan ibukota bandar lampung yang merupakan gabungan kota kembar tanjungkarang dan telukbetung.


INILAH 5 ICON/TUGU TERKENAL DIPROVINSI LAMPUNG

1. MENARA SIGER

 




    Menara Siger ialah ikonnya Provinsi Lampung, diambil dari Siger, yaitu topi adat pengantin wanita Lampung. Menara Siger ini juga dijadikan sebagai titik nol kilometer Sumatra di bagian selatan. Bangunan ini merupakan karya arsitek asli Lampung, Ir. Hi. Anshori Djausal M.T. Pembangunan menara ini dimulai sejak tahun 2005 menghabiskan biaya Rp15 miliar.

    Bangunan tersebut dilengkapi dengan sarana informasi mengenai peta wiasata seluruh kabupaten/kota se-lampung. Menurut gubernur lampung, Sjacroedin ZP, Menara Siger bukan masa lalu, tetapi bangunan masa depan yang akan jadi fenomena masyarakat lampung. Menara siger adalah simbol lampung. Ia bukan hanya menjadi ikon pariwisata, tetapi dapat menjadi ikon dalam segala hal: Keagamaan, Seni, Budaya dan Pendidikan.  

Menara Siger kebanggaan masyarakat lampung tersebut berada di atas bukit dengan ketinggian 110 Meter diatas permukaan laut. Menara Siger ini dibangun diatas bukit sebelah barat Pelabuhan Bakauheni. Posisi strategis Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu gerbang sumatr. Diibaratkan sebagai mulut naga yang memuntahkan kurang lebih 80 ribu ton hasil-hasil pertanian perhari. Dengan penggunaan teknik ferrocement, Menara Siger dijamin mampu menahan terpaan angin kencang.

Menara Siger adalah bangunan terbentuk mahkota terdiri dari sembilan macam bahasa di Lampung. Menara Siger berwarna kuning dan merah, mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita. Bangunan ini juga berhiasakan ukiran corak kain tapis khas lampung.

2. TUGU ADIPURA

Sebagai salah satu apresiasi terhadap kebersihan kota bandarlampung, pemerintah pusat memberikan sebuah penghargaan adipura untuk Kota Bandarlampung. Tugu Adipura Bandarlampung juga disebut-sebut sebagai pusat Kota Bandarlampung karena terletak di tengah-tengah empat jalan raya membentuk sebuah lingkaran.





     
   Karena bentuknya yang unik, Tugu Adipura ini menjadi tempat favorit buat difoto oleh wisatawan yang berkunjung ke Lampung. Hiasannya yang terdiri dari payung khas lampung, gajah, serta air mancur sangat indah jika dilihat malam hari.
















3. TUGU PAYAN EMAS SIWO MEGO    

Kabupaten Lampung Utara (Lampura) merupakan kabupaten tertua di Provinsi Lampung, sudah beberapa dekade pergantian kepemimpinan, barulah pada periode 2004-2009 dibawah kepemimpinan Bupati Hairi Fasyah muncullah simbol (Icon) Lampura yaitu Tugu kayu Aro. Sejalan dengan perkembangan pembangunan Icon Tugu Kayu Aro yang telah menelan dana hingga 1,6 milyar, telah menjadi kebanggan masyarakat Kotabumi Bettah, terlepas apakah sudah diresmikan atau belum tugu tersebut oleh Bupati kala itu.

Namun, seiring dengan bergantinya tongkat kepemimpinan dari Hairi Fasyah ke Zainal Abidin, Tugu Kayu Aro kini hanya menjadi kenangan. Hal ini terkait  renovasi Tugu Kayu Aro bahkan Icon tersebut bakal berganti nama menjadi Tugu Payan Mas. Pelaksanaan renovasi pun tak tanggung-tanggung hingga menelan dana APBD 2011 senilai 1.982.000.000,00.

Perubahan Tugu Kayu Aro menjadi Tugu Payan Mas telah menimbulkan Pro-Kontra. penduduk asli lampura menamakan tugu payan emas siwo mego yang menyimbulkan simbol sembilan marga pepaduan yang ada dilampung. yang menunjukan ciri khas masyarakat lampura karna tugu merupakan  simbol atau ciri khas suatu daerah. sembilan marga itu sendri diantaranya nyunyi, unyi, subing, nuban, anek tuho, kunang, beliuk, selagai, dan nyerupo.




4. TUGU KOPIAH, TUGU PEPADUAN DAN TUGU PENGANTIN 

  


      tugu kopiah mas yang dibangun dipingir jalan lintas sumatra (jalinsum)ditengah gunung sugih kabupaten
lampung tengahini, berada bersebelahan
dengan tugu pepadun dan tugu pengantin.
tugu-tugu tersebut menjadi daya tarik bagi warga masyarakat yang melintas di jalan tersebut khususnya yang berada dijantung ibukota kabupaten.

Selain untuk keindahan kota, bangunan bernilai seni itu dapat menjadi aset sarana rekreasi. Dari ibukota kabupaten , tugu ini hanya berjarak setengah km dari ibukota kabupaten dan 61 km dari ibukota provinsi. Tugu kopiah emas berkambang dari tutup kepala pengantin laki-laki adat masyarakat lampung, tugu pepadun melambangkan adat pernikahan budaya lampung. Dan tugu pengantin (mulimakhanai, muli= gadis, makhanai=bujang) merupakan simbol kelompok yang menjalani pernikahan yang melambangkan kehidupan masyarakat adat lampung.

5. Monumen Pahlawan Nasional Mayjen Ryacudu


   Iya betul gerbang kabupaten way kanan emang top abis.
unsur etnik dan modern dibaurkan tanpa ada kesan pemaksaan, sebenarnya ada juga gerbang kabupaten yg bagus yaitu gerbang kabupaten tulangbawang sebelum lanud astra kestra yg berbentuk gading terbalik. kalau gerbang kota atau kabupaten yang lainnya tidak ada yang bagus, unsur etnik lampung terkesan terpaksa karena model gerbang masih mengikuti pola konvensional segitiga yg  ditempeli ornamen lampung. (bandar lampung, pesawaran, lampung tengah, kota bumi, sukadana, dll) beda jauh segi artistiknya dibandingkan gerbang kabupaten way kanan dengan model busur/setengah lingkaran.







Tidak ada komentar :

Poskan Komentar